Pembangunan SuperByq tahap 1

Standard

Membangun sebuah blog yang di-hosting sendiri sama seperti membangun sebuah rumah. Pertama-tama kita beli pilih alamat di daerah yang tepat. Memilih alamat yang tepat seperti kita memilih domain name. Memilih daerahnya, seperti kita memilih extension yang tepat. Misalnya gwe memilih nama SuperByq, dengan extension .com.  Itulah kenapa itu disebut dengan alamat blog.

Berikutnya membeli kavling di alamat yang kita mau. Untungnya World Wide Web ini nggak terbatas luasnya. Kita bisa membeli kavling sebesar apa pun yang kita mau. Ini adalah saatnya kita membeli hosting. Mau sebesar apa, tergantung dengan rencana kita mau membangun rumah sebesar apa. Bahkan kalau kita membeli kavling cukup besar, kita bisa bagi-bagi untuk bikin toko, galeri, dan apapun juga.

Saat mau pembangunan rumah, dimulai dengan memilih blueprint. Mirip-mirip dengan template gitulah. Tapi untuk membuatnya kelihatan oke, kan tetep harus dicat, dikasih pintu, dikasih kaca, dikasih lantai keramik. Itu saat gwe ngoprek-ngoprek customization yang ada di themes ini.

Sama seperti membanggun rumah, pembangunan itu nggak mungkin langsung sekali jadi. Pasti bertahap, sampai rumah itu layak ditinggali. Begitu juga mempersiapkan blog ini sampai layak menjadi rumah untuk blog gwe pun membutuhkan waktu dan pembangunan yang bertahap, sampai cocok untuk dijadikan tempat ngeblog yang nyaman bagi gwe yang ngeblog, maupun bagi orang lain yang membaca.

Entry pertama gwe ini adalah untuk menandai hari pertama blog ini mulai dibangun. Semoga saat semua pembangunan ini sudah selesai, gwe masih memiliki semangat yang sama untuk ngeblog 😀

Advertisements

Comments are closed.