Dunia Berputar Di Sekitar Bybyq

Standard

Ada apa dengan dunia di sekitar saya?

Sebenarnya tidak ada apa-apa sih… Begitu saja, seperti hari kemarin, dan kemarinnya lagi. Saya cuma lagi mau ngomongin orang. Seperti biasa, kalau saya lagi mau ngomongin orang lewat blog. (Apakah blog ini sudah beralih fungsi menjadi sebuah diary? Tentu tidak!)

Hm… sebenarnya ini diawali dari teori yang dikemukakan oleh seorang ilmuwan. Meskipun teori ini adalah teori yang agak purba, tapi sampe sekarang, masih diakui kebenarannya. Setidaknya, sudah terbukti kebenarannya. Yang menarik bagi saya adalah bagaimana teori ini diciptakan, dan juga diperjuangkan…

Pernah dengar teori Heliosentris? Teori heliosentris oleh Copernicus adalah teori yang mengatakan bahwa tata surya ini mengelilingi matahari, termasuk bumi juga mengelilingi matahari, dan bukan sebaliknya (matahari sebagai pusat tata surya). Teori ini, waktu itu sih cukup bombastis (sekarang ya kaga lah, semua orang juga tau kalau tata surya ini mengelilingi matahari), karena pada saat itu, ide yang dipercayai oleh semua orang adalah teori Geosentris, yaitu bahwa matahari dan seluruh tata surya mengelilingi bumi (bumi sebagai pusat tata surya).

Yang terjadi pada Copernicus adalah, ilmuwan ini dijatuhi hukuman mati karena teorinya yang benar itu. Galileo Galilei, juga dijatuhi hukuman penjara karena mendukung teori heliosentris ini. Tapi saya tidak ingin berpanjang-panjang tentang kisah sejarah ini. Nanti kalau suka, bisa cari sendiri di internet…

Sama seperti pendukung teori Geosentris, beberapa orang percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini berpusat padanya. Percaya bahwa dia adalah sebab dan akibat dari semua yang terjadi di sekitar dirinya. Semua pembicaraan diborong olehnya, semua tentang dia, dan dia lagi dia lagi. Ada orang curhat, dijawab dengan “Eh… gue juga waktu itu…” ada orang lagi seneng, “Waah… sama dong gue juga…”

Sering kali, saat berhadapan dengan orang seperti ini, yang ada hanyalah rasa bosan. Bosan mendengarkan dia bicara. Bosan mendengarkan keluhannya. Bosan mendengarkan pendapatnya tentang DIRINYA sendiri. Sepertinya dia adalah topik yang tidak habis-habis dibicarakan OLEH DIRINYA sendiri. Menjengkelkan?

Belum. Sama seperti Copernicus dan Galileo Galilei. Selalu ada orang yang berusaha mengingatkannya, bahwa dunia ini tidak berpusat padanya. Dan sama seperti orang-orang kolot jaman itu, mereka tidak percaya bahwa dunia tidak berputar mengelilingi mereka.

Saya mengkategorikan manusia seperti ini menjadi 3 macam.

1. Si Ge-er

Si GR akan mengira semua pembicaraan adalah tentang dia. Orang yang ga sengaja nengok ke arah dia, dianggap lagi curi-curi pandang. Ketemu orang yang sama tiga kali di sebuah mal, dianggap sedang dikuntit. Ada SMS nyasar dikira sedang dikerjain orang. Ditelepon dua kali oleh orang yang sama dalam sehari, dianggap lagi PDKT.

2. Si Ego

Si Ego akan menganggap persoalannya paling penting. Dia harus didahulukan dan diutamakan. Kalau dia lagi buru-buru, semua orang mesti cepet-cepet. Kalau dia lagi malas, semua orang harus nungguin dia. Kalau dia mau makan siang, tapi restorannya tutup, maka restoran itu salah, dan dia pantas marah-marah.

3. Si “Akujuga”

Akujuga adalah tipe pemborong pembicaraan, dan biasanya diawali dengan “akujuga”. Setelah “akujuga” maka dia akan mendapatkan kesempatan untuk menceritakan kisahnya. Berlanjut ke kisah yang lain dan yang lain masih tentang dirinya. Dia akan mengatakan “akujuga” untuk hal baik, buruk, senang, sedih, yang penting dia menjadi pusat obrolan.

Masih ada tipe-tipe lain, tapi yang lain tidak terlalu besar prosentasenya. Kalau saya sempat, nanti saya coba cari lagi deh tipe-tipe yang lain… Tapi jangan tersinggung loh ya… kesamaan nama dan kejadian hanyalah fiksi belaka. Penulis tidak bertanggung jawab atas adanya sakit hati…

Atau… ada yang merasa saya sedang membicarakan anda? (baca tipe nomer satu).

Atau… Eh? APA? KAMU JUGA?

Advertisements

8 responses

  1. aduh… kalo gw mau nya borong semua…. kayaknya itu semua gw deh….

    AKU JUGA…..suka banget ge er, di liatin aje gw langsung berasa org pengen kenalan, di salam gw langsung berasa di ajak tunangan, di pegang2 jari gw, langsung gw bilang ‘YES!!! I WILL MARRY YOU” geto…..

    AKU JUGA… suka banget di dahulukan, kalo ngantri, mau nya nyolong duluan, kalo perlu bayar2in org2 yg di depan suruh makan eskrim dulu, biar gw di depan

    AKU JUGA… gak pernah salah, selalu semua org yg salah, org ganteng macam gw kok bisa salah, ngaco deh….

    AKU JUGA… kalo malas yah malas aje, situ mau rajin yah harus nunggu kemalasan gw pergi dulu duong…..

    AKU JUGA … punya banyak cerita tentang dirkyu yg ganteng ini….
    AKU JUGA… punya banyak teori2 yg memamerkan dirikyu selain ganteng juga jenius duong….
    AKU JUGA… selain ganteng dan jenius, suka juga bikin tulisan2 yg menunjukkan seolah2 eike org nya daleeeeemmmmm…..

    jadi bener yah? AKU BORONG semua aja yah? boleh yah? boleh dongggg….

    Like