Bybyq Sekolah Lagi

Standard

Beberapa minggu yang lalu, setelah saya berulang tahu, Mama menanyakan pada saya hadiah yang saya inginkan sebagai hadiah ulang tahun. Awalnya saya menolak, karena agak malu juga meminta hadiah ulang tahun di umur segini. Tetapi setelah Mama memaksa agak lama, saya berjanji akan memberi tahu hadiah ulang tahun apa yang benar-benar saya inginkan.

Sebelumnya saya sedang berburu beasiswa ke luar negeri, sehingga saya bisa mendaftar kuliah lagi untuk mendapatkan s2. Ternyata pengalaman skripsi yang penuh derita itu tidak membuat saya kapok. Tapi ternyata mendapat beasiswa itu tidak mudah.

Dan saya pun menemukan hadiah ulang tahun apa yang saya inginkan. Seandainya saya tidak bisa mendapatkan beasiswa, saya minta hadiah ulang tahun saya berupa “beasiswa” dari Mama. Mama senang bisa memberi saya sesuatu di hari ulang tahun saya, dan saya pun senang bisa mendapatkan sesuatu yang tidak akan pernah bisa habis.

Tentu saja, untuk bisa mendapatkan kesepakatan mengenai “beasiswa” yang akan saya dapatkan nanti, saya mesti banyak-banyak berkompromi. Saya dan orang tua saya punya cara pandang yang cukup berbeda mengenai pendidikan tinggi lanjutan. Menurut mereka, meraih gelar master tidak terlalu penting, dan mereka ingin saya lebih dulu kerja sebelum kuliah lagi.

Berbeda dengan nenek saya.

Nenek saya dulunya adalah pengajar.

Nenek saya mungkin adalah satu-satunya yang mendukung penuh niat saya untuk kuliah lagi. Dulu, waktu saya sempat mengajar bahasa inggris di salah satu bimbel dekat rumah, nenek saya semangat setengah mati dengan apa yang saya kerjakan. Berulang-ulang dia bertanya apakah saya mau mengajar lagi.

Tentu saja saya mau. Itu kenapa saya mau belajar lagi… Saya mau mengajar…

Dan begitu nenek saya mendengar bahwa saya mau jadi penjara juga, seketika itu mencerahkan harinya. Dia masak banyak sekali, dan merasa perlu membelikan saya banyak oleh-oleh sepulang dia pergi liburan nanti. Yang sebenarnya tidak perlu.

Jadi…

Bybyq mungkin akan sekolah lagi 😀 dan senang akan hal itu. Apakah semua senang? *hore*

Advertisements

One response