Tribalwars

Standard

Tribalwars adalah sebuah browser-based online game, dimana pemain diberikan sebuah desa dengan koordinat tertentu dalam sebuah World berukuran 999×999 space. Desa/village ini disebut dengan main village, yaitu desa utama yang mengawali petualangan bermain tribalwars.

Di desa tersebut kita harus membangun buildings dan melatih troops. Buildings menentukan apa saja yang dapat kita lakukan di village, sekaligus menentukan point yang kita miliki, sedangkan troops menjaga desa kita sekaligus menyerang desa lain.

Kalau ada yang pernah bermain travian, nah, permainan tribalwars tidak terlalu berbeda. Sekarang innogames, developer tribalwars sudah membuat tribalwars versi indonesia yang disebut dengan perangkaum. Tapi saya tidak terlalu suka bermain di perangkaum, meskipun mungkin sebenarnya sama saja.

Dalam permainan ini, pemain akan bersekutu dengan beberapa pemain lain, atau bisa juga memutuskan bermain sendiri. Keuntungan memiliki teman dalam permainan ini adalah memudahkan kita dalam melakukan serangan maupun dalam pertahanan. Tentu saja, kita harus jeli memilih tribe di mana kita akan berlindung.

Keaktifan adalah salah satu kunci keberhasilan permainan ini. Ada beberapa tools yang dapat mendeteksi keaktifan pemain. Beberapa pemain yang sudah terbiasa menggunakan tools ini dapat dengan mudah mengetahui desa mana yang sudah lama tidak “ditengok” oleh pemiliknya, sehingga rentan dengan serangan.

Seorang pemain dapat mulai “mengembangkan” desanya dengan menaklukkan desa-desa lain di sekitarnya. Pemain yang desanya ditaklukkan mau tidak mau harus mengulang kembali karena nilai mereka kembali menjadi 0 dan harus memulai desa baru kalau masih ingin melanjutkan permainan.

Yang seru dari permainan ini adalah, tribalwars tidak mengenal usia, gender maupun jenis pekerjaan. Setelah memainkan game ini lebih dari beberapa tahun saya bertemu dengan banyak pemain dari penjuru dunia. Yang paling berkesan bagi saya adalah Corinne, nenek berusia 60 tahun yang hobi minum wine dan makan keju, salah satu pemimpin tribe yang jago dalam coordinating attack, dan Jack, orang Inggris yang aktif 24/7 dan selalu punya troops untuk membantu siapapun.

Udah saya bilang saya lagi keranjingan game ini lagi. Mungkin dalam beberapa waktu mendatang saya akan posting tentang game ini, bahkan mungkin sampai ke tutorialnya :D. Jangan bosen yaak!!

Advertisements

Comments are closed.