Saint

Standard

Di kampung, orang tua saya bilang bahwa saya harus jadi orang baik. Moyang-moyang saya katanya orang baik. Kakek saya rela ngutang untuk bantu tetangganya yang lebih susah. Orang tua saya bilang, bahwa jadi orang baik itu wajib.

Saya tentu saja sempat tidak setuju. Ga mungkin seseorang bisa selalu menjadi orang baik. Pengalaman malah membuktikan bahwa sering kali berbuat baik malah mendatangkan efek buruk buat kita. Lagipula, sekedar untuk menurunkan ekspektasi orang terhadap bantuan kita, bagi saya membantu bukanlah kewajiban, tapi pilihan.

Orang tua saya malah ngomel saat saya berkata demikian. Katanya, selama masih bisa, masih ada tenaga untuk membantu, maka sebisa mungkin harus bisa membantu sesama. Jujur saja, saya tidak sebaik itu. Saya bukan malaikat, saya tidak bisa menjadi baik setiap saat. Tapi ada satu hal yang saya pelajari over time. Saya tidak boleh jadi orang jahat.

Saya tidak boleh jadi orang jahat. Saya tidak mau jadi orang jahat. In fact, meskipun saya bisa berada di sekitar orang yang nyolot, bermulut tajam, blak-blakan dan sering kali tidak mikir dulu sebelum melakukan sesuatu. Tapi saya ga suka bergaul sama orang jahat. Seriously. Saya pernah bergaul dengan orang jahat, couldn’t care less to other people, dan saya ga suka. Ternyata saya ga suka.

Buat saya, cruelty is not a human quality. Buat saya cruelty is dark and depressing and I dislike the pressure of it.

Saya tidak tahu bagaimana seseorang bisa jadi jahat mentally and physically. Bagi saya orang-orang jahat, orang yang selalu mikir jahat tentang orang lain, orang yang tidak bisa tidak ngomong jahat tentang apapun, bagi saya adalah orang yang kasihan dan tidak bahagia.

Tapi, baru saya sadari tidak lama ini, yang paliiiing tidak saya sukai diantara semuanya adalah orang yang dengan jahatnya menyeret-nyeret saya untuk jadi jahat. Orang yang membuat saya ikutan tidak bahagia. Seriously, next time, kalau saya ditarik-tarik jadi tidak bahagia lagi, langsung tak tinggal ga pake ngomong cong… (Eh?)

Advertisements

Comments are closed.