Happy April Fool’s Day

Standard

Happy April Fool’s Day!

Saat saya masih kecil, saya sangat suka April Mop. Saya bisa membuat pranks, hoaxes, dan berbagai macam tipuan yang membuat orang-orang menjadi serba salah, antara merasa kesal karena tertipu dan merasa harus memaklumi karena hari itu adalah April Mop. Tapi setelah saya beranjak besar, saya tidak pernah lagi merayakan April Mop.

Saya tidak akan menghakimi dan mengatakan bahwa merayakan April Mop adalah tindakan yang kekanakan atau tidak dewasa, karena saya pun belum dewasa-dewasa amat. Saya tidak akan sok suci dan mencela April Mop karena jujur saja ada beberapa kejahilan yang masih lucu untuk ditertawakan (asalkan bukan saya yang sedang dikerjain). Dulu, saya tidak punya alasan kenapa saya tidak mau ikut serta mengerjai teman atau saling berbalas practical jokes dengan mereka, tapi sekarang saya tahu apa alasan saya.

Beberapa waktu yang lalu saya menulis tentang HOAX dan tentang unfunny jokes. Bagi saya sekarang, cukup dua hal itu saja menjelaskan kenapa saya perlu ikut ber-April Mop seperti orang lain yang merayakannya.

Banyak orang Indonesia tidak tahu apa itu April Mop, dan dengan tingkat pendidikan yang rendah juga pengetahuan yang tidak cukup luas, mereka dapat dengan mudah termakan tipuan-tipuan dan menganggapnya serius. Apalagi, April Mop sebenarnya bukanlah budaya asli negara-negara timur melainkan memang lahir dan populer di negara-negara barat, sudah tentu tidak begitu dikenal di kalangan masyarakat yang jarang mendapatkan akses informasi mengenai dunia luar.

Melakukan tipuan April Mop kepada mereka yang tidak tahu apa itu April Mop menurut saya tidak ada bedanya dengan melakukan tipuan biasa di hari-hari biasa. Korban bisa saja menganggap itu serius, dan bukankah dari pengalaman sudah terbukti bahwa segala bercandaan yang berubah menjadi serius biasanya berakhir tidak menyenangkan?:

Anyway, saya hanya ingin mengucapkan Happy April Fool’s Day kepada mereka yang ingin merayakannya, karena toh bahkan di negara barat, hari raya ini bukanlah hari raya betulan. Hati-hati kalau mau ngerjain orang lain, karena salah-salah bisa kejadian kaya di video ini:

Advertisements

Comments are closed.