Down Down Down

Standard

Ngeselin deh, beberapa hari yang lalu saya sama sekali tidak bisa mengakses blog ini. Akhirnya saya harus posting menggunakan wordpress application untuk blackberry supaya saya bisa melanjutkan program disiplin satu entry satu hari yang sedang saya coba jalankan ini. Saya tidak tahu apakah ini karena internet provider saya atau karena hostingnya, tapi kalau saya bisa tetap posting dan saya bisa membuka website yang lain, saya menduga ada masalah lagi dengan hostingnya.

Setahun yang lalu, saat blog ini masih baru, saya pernah mengalami hal yang sama. Pertama-tama beberapa tetangga yang bekunjung mengeluh mereka tidak bisa mengakses blog saya. Pihak hosting mengatakan kalau itu karena mereka sedang down. Beberapa hari kemudian saya tidak bisa mengakses sedangkan tetangga-tetangga saya bisa, dan pihak hosting sudah mengonfirmasi bahwa mereka tidak sedang downtime. Setelah dicek saya baru tahu IP saya diblock untuk website saya sendiri. Betapa ajaib.

Sesekali blog saya mengalami down, yang menurut saya mungkin bisa dianggap wajar kalau sedang ada maintenance. Meskipun tentunya saya kesal juga karena setiap kali blog saya down, akan membuat jumlah traffic berkurang drastis. Oleh karena itu, saya pun mulai bertanya-tanya kepada teman-teman saya yang menggunakan website sebagai alat untuk berjualan / web-store. Pastinya, teman saya ini mencari hosting bonafide untuk online shopnya agar selalu bisa diakses calon-calon pelanggannya.

Si pemilik webstore ini mengatakan bahwa dia langsung memindahkan tokonya ke layanan hosting luar, setelah 4 bulan menggunakan layanan hosting lokal. Alasannya sederhana: lebih professional. Menurut ceritanya setelah 4 bulan, si hosting lokal ini sudah beberapa kali down tanpa penjelasan, dan meskipun murah tidak ada gunanya karena untuk berjualan yang penting adalah accessibility. Online store yang down melulu jelas tidak terlihat bonafide dong…

Harganya bisa dibilang 4 kali lebih mahal dibanding biaya bertahun blog ini. Tapi 99% uptime nya dan reputasi hosting server ini benar-benar sudah teruji dan terbukti. Teman saya itu sampai berulang kali menyuruh saya pindah ke sana meskipun setelah saya selidiki saya tahu dia tidak sedang ikut program affiliasi apapun dengan perusahaan penyedia hosting tersebut.

Saya jadi mikir… Saya perlu pindah nggak ya tahun depan?

Advertisements