Book Review: The Universe Versus Alex Wood

Standard

Judul: The Universe Versus Alex Wood
Pengarang: Gavin Extence
Bahasa: Inggris
Format: Hardcover

Review:
Alex Wood adalah seorang remaja laki-laki yang tinggal bersama dengan ibunya yang berprofesi sebagai paranormal sekaligus pemilik toko witchcraft. Sifatnya yang lurus dan naif membuatnya menjadi bulan-bulanan siswa lain di sekolahnya. Namun ini pula yang membuatnya bertemu dengan seorang veteran dari Amerika, Mr. Peterson, dan menjalin persahabatan yang unik dengan lelaki tua yang pemarah itu.

Ini adalah tipe-tipe cerita yang saya suka. Ceritanya sangat tidak biasa, dan humornya cenderung gelap dan ironi. Saya rasa Gavin Extence berusaha sebisa mungkin untuk membuat jalan ceritanya lebih ringan untuk dibaca dengan menyelipkan humor-humor khas British untuk membuat topik yang lumayan berat untuk dipikirkan ini menjadi tidak terlalu menghantui. Selain itu, menjadikan seorang remaja sebagai tokoh sentral hampir tanpa memasukkan tema-tema pubertas bukanlah hal yang mudah, tetapi penulisnya mampu melakukan semua itu tanpa membuatnya terasa aneh.

Saya senang dengan bagaimana penulis mengkarakterisasi, tidak hanya tokoh utama Alex Wood dan Mr. Peterson, namun juga karakter-karakter pendukung yang lain. Mungkin karena buku ini ditulis dengan gaya menulis jurnal, pendeskripsian tokoh-tokoh selain Alex digambarkan melalu cara pandang Alex yang unik.

Pada akhirnya buku ini membuat saya merasa agak emosional. Tanpa saya sadari tiap karakter dalam buku ini sudah membangun ikatan emosional tanpa harus berusaha berlebihan meyakinkan pembacanya.

Saya menilai buku ini 8/10.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s