Monthly Archives: July 2017

Mendadak Juli

Standard

Cepatnya tahun ini berjalan, tiba-tiba saja sekarang kita sudah berada di bulan Juli. Sayangnya saya belum mencapai apa-apa sampai pertengahan tahun ini, jadi malu mau bikin mid-year assessment.

Hal yang paling sulit menurut saya adalah ngepost dalam bahasa Indonesia. Rasanya, seperti kembali ke jaman lima tahun yang lalu waktu saya mulai ngepost di Superbyq dalam bahasa Inggris. Kagok.

Bukannya saya sok, ya… tapi bayangin deh… Setelah lima tahun posting dalam bahasa Inggris, tinggal di negara berbahasa Inggris, dan dikelilingi oleh orang yang sama sekali tidak bisa berbahasa Indonesia. Saya tidak berkontak dengan Persatuan Pelajar Indonesia di sini, juga tidak terlalu sering telepon ke rumah — jadi sehari-hari saya hanya berbahasa Inggris, di rumah maupun di luar rumah. Nonton televisi, siarannya berbasa Inggris juga, begitu pula kalau pas mendengarkan siaran radio.

Jadi mohon harap maklum…

Saya sendiri juga heran kenapa kemampuan berbahasa saya rasanya menurun, karena waktu saya berangkat ke sini untuk pertama kalinya, saya yakin banget kalau bahasa ibu itu bakalan nempel terus meskipun jarang dipakai. Lagipula, bertahun-tahun meninggalkan kampung halaman di Solo, dan menetap di Jakarta selama itu juga tidak membuat saya tiba-tiba berlogat Jakarta. Apa yang beda?

Mungkin umur juga pengaruh kali ya? Waktu masih muda dulu adaptasi lebih mudah, otak juga masih segar, jadi lompat dari satu bahasa ke bahasa lain rasanya gampang.

Eniwei…

Udah bulan Juli, mau ngapain nih kita? Sepertinya saya harus mulai mencari aktivitas yang lebih produktif. Simbok saya sudah menawari saya buat sekolah lagi…. Meskipun terdengar jual mahal waktu ngobrol sama belio, di sini saya sebenernya jingkrak-jingkrak kesenengan. Ditawari sekolah lagi, Bow!

Kayanya Simbokku gatel kalo liat saya nganggur begini. Mungkin setengah kasihan juga karena dikira saya bosen kalo nggak ada kerjaan, padahal di sini selalu ada printilan buat dikerjakan Contohnya ya… lima menit lagi saya musti berangkat belanja keperluan rumah tangga…

Tschuss!

Advertisements